Tulat dan tubin

By Rahmat Febrianto On Saturday, November 22, 2008 At 12:26 AM

Bahasa Indonesia tidak kaya dibandingkan dengan bahasa lain, bahasa Inggris misalnya? Ah, yang benar? Apa bisa kampung anglo yang selebar daun lepat itu lebih kaya kata dibandingkan dengan kampung nusa yang diantarai lautan begini?

Mari kita bandingkan salah satu dari koleksi kata kedua bangsa ini. Kali ini untuk urusan hari.

Sinonim "hari ini" adalah" today"; sinonim "kemarin" adalah "yesterday", sinonim "besok" adalah "tomorrow"; sinonim "lusa" adalah "the day after tomorrow". 

Nah, kan, baru sampai di "lusa" saja mereka telah kehabisan kata. Bagaimana dengan satu hari setelah lusa dan dua hari setelah lusa? Pasti saja mereka tidak punya. Paling-paling mereka hanya akan bisa bilang: "the day after the day after tomorrow" atau paling secerdas-cerdasnya nenek moyang mereka, mereka hanya akan bilang: "two days after tomorrow" atau "three days from now". Yakinlah bahwa mereka tidak akan lebih baik lagi jika diminta menunjukkan kata untuk hari keempat setelah hari ini. 

Bagaimana dengan bahasa Indonesia? Ini yang ingin saya katakan dari tadi bahwa kita sangat kaya. 

Jika hari ini adalah hari Sabtu, besok adalah Ahad, lusa adalah Senin, tulat adalah Selasa, dan tubin adalah Rabu.

Tulat adalah hari ketiga setelah hari ini dan tubin, tentu saja, adalah hari keempat dari hari ini. Apakah ada sinonimnya di dalam bahasa Inggris? Saya kira tidak! 


Sleman, Nov 2008

for this post

Leave a Reply