Solois atau solis?

By Rahmat Febrianto On Sunday, January 11, 2009 At 9:35 AM

Beberapa kali saya mendengarkan pembawa acara di televisi menggunakan kata "solois" ketika mengacu kepada seseorang penyanyi yang bernyanyi secara solo. Glenn Fredly adalah salah satu penyanyi yang tidak lagi bernyanyi di dalam grup dan memilih menjadi penyanyi solo (walau bukan berasal dari kota Solo!). Ari Lasso juga demikian. Andien, Anggun, dan masih banyak lagi penyanyi solo di Indonesia.


Tapi bagaimana kita seharusnya menyebut orang yang menyanyi secara solo tersebut? Adakah tersedia kata di dalam bahasa Indonesia yang merujuk kepada "seseorang yang menyanyi secara solo"?


Di dalam bahasa aslinya solo berarti, di antara beberapa adalah "unaccompanied" dan orang yang bernyanyi secara solo disebut dengan soloist. Di dalam bahasa Inggris, ingat!


Agaknya, pembawa acara tersebut menggunakan serapan langsung kata soloist menjadi solois sebagai kata untuk merujuk kepada penyanyi yang bernyanyi sendiri. Namun, apakah di dalam bahasa Indonesia benar-benar tidak ada kata yang merujuk kepada penyanyi yang menyanyi sendiri di atas panggung?


Di dalam KBBI (tautan ke sana ada di sebelah kanan halaman blog ini) edisi tahun 1989, saya menemukan ada kata "solis" yang artinya adalah "penyanyi tunggal (yang bernyanyi seorang diri)"; atau "penyanyi solo". Jadi, alih-alih solois, sebenarnya, jika percakapan itu dilakukan di dalam bahasa Indonesia dan tidak untuk bermaksud nginggris, maka seharusnya yang digunakan adalah solis, bukan soloist.

Kalau memang mau menggunakan soloist, mbok ya, bunyi "t" diakhir kata itu mohon diperjelas, biar orang tahu bahwa anda sebenarnya sedang berbahasa Inggris walau hanya untuk satu kata itu.

Labels: , , , ,

for this post

Leave a Reply