Tally = Gundal

By Rahmat Febrianto On Tuesday, March 29, 2011 At 9:21 PM

Di dalam perhitungan suara hasil pemilihan umum, misalnya, ada seseorang yang bertugas mencatat berapa suara yang mendukung si A, yang mendukung si B, dan yang mendukung si C. Biasanya ia akan mengambar satu garis vertikal untuk satu suara, dua garis untuk dua suara, dan seterusnya, hingga mencapai lima suara. Suara kelima mengikat keempat garis vertikal. Dalam praktik yang lain, misalnya, alih-alih empat garis vertikal yang diikat satu garis diagonal, digunakan empat garis yang membentuk bujur sangkar dan satu garis diagonal untuk menunjukkan lima suara pemilih.

Contoh lain misalnya terjadi di gudang. Seorang penyelia buruh akan mencatat berapa seorang buruh telah memindahkan, misalnya, barang ke dalam gudang dari truk.

Kegiatan pencatatan suara seperti ini di dalam statistika disebut dengan men-tally. Tally sendiri adalah catatannya. Kalau seperti di dalam penghitungan suara di atas tally adalah berupa garis vertikal dan sebuah garis diagonal pengikat empat garis vertikal. Dalam praktik di gudang, tally bisa sama dengan penghitungan suara di atas, yaitu garis-garis vertikal dan diagonal, atau bisa berupa batang kayu kecil seperti sumpit atau tangkai es krim.


Bahasa Indonesia menawarkan kata gundal sebagai padanan tally.

Gundal: n tanda berupa simpul pada tali, coretan, takik untuk catatan penghitungan (barang, pekerjaan, dsb)
http://bahtera.org/kateglo/?mod=dictionary&action=view&phrase=gundal


Tally sendiri menurut Webster (pengertian no. 6)

Tallly: a mark made to register a certain number of items, as four consecutive vertical lines with a diagonal line through them to indicate a group of five.

Jadi, to tally bisa dipadankan dengan menggundal.

Pemadanan tally dengan gundal tersua, di antara beberapa, di dalam Kamus Inggris-Malaysia di http://bit.ly/dFyfOA, di Kamus Indonesia-Inggris Alan Stevens dan A. Ed. Schmidgall-Tellings (2009) di http://bit.ly/dL04sm halaman 335, dan Mathematics oleh Cham Juat dkk halaman 289 http://bit.ly/f8iYmm.




Sleman, 22 Maret 2011


for this post

 
OpenID ivanlanin Says:

Wah, saya baru tahu :) Makasih, Mas.

 
 
Blogger Rahmat Febrianto Says:

Terimakasih pak Ivan.

 
 
Blogger budho Says:

bukan "turus" ya? dulu waktu belajar statistika, guru saya menerjemahkan "tally" dengan kata "turus"

 
 
Blogger budho Says:

bukan "turus" ya? guru statistika saya dulu menerjemahkan "tally" dengan kata "turus".

 

Leave a Reply