Kerisik

By Rahmat Febrianto On Wednesday, February 18, 2009 At 6:36 AM

Kerisik (karisiak: Minangkabau) menurut KBBI adalah daun pisang kering. Daun ini bisa digunakan untuk membungkus bermacam-macam barang. Beberapa tahun yang lalu saya masih menemukan pedagang yang membungkus cabe, ikan, pisang goreng, dll dengan daun ini. Pemandangan itu sudah sangat jarang saya temukan, terutama di pasar yang ada di kota. Mungkin karena kerisik ini juga sudah jarang ditemukan. Indikasinya adalah harga pisang yang juga mahal.


Dua puluh hingga dua puluh lima tahun yang lalu setiap pekan kakek saya datang ke Padang dari kampung. Ia biasanya datang di hari Ahad untuk berbelanja kain di Pasar Raya Padang. Setiap kali datang ia membawakan kami sebungkus pisang goreng dari kampung. Memang sudah dingin ketika sampai di Padang. Namun, ingatan yang paling jelas itu adalah bahwa pisang itu selalu dibungkus dengan kerisik ini.


Saya juga pernah mendengar kisah nenek dari nenek saya. Karena ia sendirian harus membesarkan cucunya, yaitu nenek saya yang ditinggal mati ibunya sejak bayi, maka untuk menghidupi mereka berdua, nenek dari nenek saya ini berjualan kerisik di pasar. Ia bisa dengan bebas mengambil kerisik di dalam parak lalu membersihkannya dan kemudian menjualnya ke pekan-pekan.






Sleman, Februari 2009

Labels: ,

for this post

Leave a Reply