RSVP: repondez s'il vous plait

By Rahmat Febrianto On Saturday, May 16, 2009 At 7:37 AM

RSVP, kata ini pertama kali masuk ke dalam lema bahasa Inggris sekitar tahun 1895-1900. Kata ini berasal dari bahasa Perancis, singkatan dari repondez s'il vous plait. Kata ini sendiri adalah bentuk yang lebih sopan karena si pengguna menggunakan kata "vous" alih-alih "te" yang lebih kasar untuk pengganti kata penunjuk orang kedua "anda". Artinya, "please (you) reply". Dari arti kata itu kita bisa menduga bahwa kata ini ditulis oleh seseorang yang menulis sebuah surat kepada orang lain dan meminta orang yang menerima untuk membalas suratnya tersebut. Di dalam penggunaan lain, kata ini juga digunakan untuk meminta seseorang yang dituju oleh sebuah undangan untuk segera membalas undangan tersebut, memberitahu si pengirim apakah si penerima undangan sudah atau belum menerima undangan dan menginginkan sebuah balasan dari si penerima.

Jadi intinya, kata RSVP digunakan kalau anda mengirimi seseorang sebuah berita atau pesan dan anda menginginkan orang tersebut membalas kepada anda. Biasanya penempatan kata ini ada di bawah surat, namun juga bisa saja di bagian lain.

Bulan lalu, di kampus saya, saya menemukan sebuah pengumuman sebuah seminar yang mencantumkan kata RSVP di bagian bawahnya. Ini dia gambarnya, lihat ke dalam lingkaran merah.


Kira-kira sama tidak maksud si pembuat acara atau pembuat poster mencantumkan kata itu di dalam poster seminar ini dengan makna kata yang asli?

Kalau melihat urutannya, terutama setelah melihat baris-baris di bawah RSVP yang menunjukkan ke mana seorang calon peserta seminar harus mendaftar, saya curiga bahwa jangan-jangan yang dimaksud RSVP di poster ini, bukannya "mohon undangan ini dibalas", namun justru "ReSerVation Please".

Betulkah? Jangan-jangan begitu.


Ini foto lain yang saya potret di perempatan Seturan UPN dan UII di awal Agustus 2009. Jelas ,'kan, bahwa RSVP sangat mungkin telah salah kaprah dipakai sebagai ganti "reservation please".


Sleman, May 2009

for this post

Leave a Reply